WAWASAN DAN PENGERTIAN KELISTRIKAN

WAWASAN DAN PENGERTIAN KELISTRIKAN

Listrik merupakan teknologi mutakir yang ditemukan manusia. Dengan adanya listrik jarak dan waktu menjadi terasa dekat. Listrik menjangkau semua lapisan masyarakat, baik di kota maupun di desa. Meskipun demikian di Indonesia masih terdaspat daerah pedalaman yang tidak terjamaah oleh listrik. Hal yang demikian dikarenakan budaya masyarakatnya yang ingin mempertahankan tradisi nenek moyang. misalnya saja suku Badui dalam, suku kampung naga, dan lain sebagainya.

Dalam melakukan aktivitas keseharian kitra tentu tidak dengan mudah terlepas dari benda-benda elektronik yang digerakkan oleh listrik. Sebagai iluistrasi saja, di era sekarang, kita ingin munghubungi seseorang membtuhkan handphone untuk melakukan panggilan jarak jauh tersebut, namun jika kondisi handphone habis baterainya dan tidak ada sumber arus listrik maka kegiatan yang semacam itu tidak dapat berjalan. Dengan demikian dibutuhkan sumber arus listrik untuk memperlancar dan membantu aktivitas-aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sehingga aktivitas itu akan lebih mudah dilakukan dan lebih efektif serta efisien.

Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Ada dua jenis muatan listrik, yaitu muatan listrik negatif dan positif. Suatu benda bermuatan listrik negatif jika kelebihan elektron, dan bermuatan listrik positif jika kekurangan elektron. Secara alami, muatan listrik positif selalu menglair dari titik berpotensial tinggi ke titik berpotensial rendah.

Aliran ini disebut sebagai arah arus listrik konvensional. Akan tetapi sebenarnya muatan listrik yang bergerak di dalam konduktor bukanlah muatan listrik positif, tetapi muatan listrik negatif (elektron) dan arah aliran elektron berlawanan dengan arah aliran muatan positif.





Sumber: BUKU PAKET PRAKARYA KELAS IX SEMESTER 1

Komentar

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :)

    BalasHapus
  2. numpang promote ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Posting Komentar