JENIS ARUS LISTRIK

JENIS ARUS LISTRIK

Arus listrik adalah mengalirnya elektron secara kontinyu pada konduktor akibat perbedaan jumlah elektron pada beberapa lokasi yang jumlah elektronnya tidak sama. Arus listrik dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Listrik Arus Searah atau DC (Direct Current) adalah arus listrik yang arahnya tetap.

2. Listrik Arus Bolak-balik atau AC (Alternating Current) adalah arus yang besar dan arahya selalu berubah-ubah.


Dalam listrik, muatan menghasilkan medan elektromagnetik yang dilakukan ke muatan lainnya. Listrik muncul akibat adanya beberapa tipe fisika:
1) MUATAN LISTRIK
Muatan dasar yang dimiliki suatu benda, yang membuatnya mengalami gaya pada benda lain yang berdekatan dan juga memiliki muatan listrik. Simbol dari muatan adalah ( Q ). Sistem SI dari satuan ( Q ) adalah coulomb, yang merupakan 6.24 x 1018 muatan dasar.( Q ) adalah sifat dasar yang dimiliki oleh materi baik itu berupa proton (muatan positif) maupun elektron (muatan negatif).

Muatan listrik

2) MEDAN LISTRIK

Efek yang ditimbulkan oleh keberadaan muatan listrik, seperti elektron, ion, atau proton, dalam ruangan yang ada di sekitarnya disebut medan listrik. Medan listrik memiliki satuan Newton/coulomb (N/C). Medan listrik umumnya dipelajari dalam bidang elektronika, dan secara tak langsung memanfaatkannya didalam kawat konduktor (kabel).

Medan listrik


3) POTENSIAL LISTRIK

Dapat pula diartikan sebagai energi potensial listrik per satuan muatan penguji. Secara definisi : usaha yang diperlukan untuk memindahkan muatan positif sebesar 1 satuan dari tempat tak terhingga ke suatu titik tertentu. Secara matematis, dapat ditulis :

V = U / q
Dimana V, U, dan q masing-masing menyatakan potensial, energi potensial, dan muatan penguji.

Potensial listrik

4) ARUS LISTRIK

Banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu disebut arus listrik. Simbolnya adalah ( A ). Arus listrik dapat diukur dalam satuan Coulomb/detik atau Ampere.

Arus listrik

5) ELEKTROMAGNET

Muatan berpindah menghasilkan medan magnet. Arus listrik menghasilkan medan magnet dan perubahan medan magnet menghasilkan arus listrik.

Elektromagnet

















Sumber:
BUKU PAKET PRAKARYA KELAS IX SEMESTER 1



Komentar

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :)

    BalasHapus
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Posting Komentar